Tanda-Tanda Anak Kekurangan Vitamin

Pada anak-anak, kebutuhan akan nutrisi yang bersumber dari makanan akan semakin besar. Ini terutama karena si kecil membutuhkan banyak sumber daya untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhannya. Gizi makro seperti karbohidrat, protein, lemak, dan serat, memang penting. Namun jangan lupa kalau asupan zat gizi mikro juga harus terpenuhi dengan baik, salah satunya vitamin. Tubuh akan mengalami sejumlah gangguan bila kekurangan vitamin. Ada beberapa gejala yang menjadi tanda-tanda anak kekurangan vitamin.

Vitamin merupakan kelompok zat gizi yang dibutuhkan tubuh, meski dalam jumlah tidak terlalu banyak. Ketika anak mengalami kekurangan vitamin, proses tumbuh kembangnya bakal terhambat, bahkan bisa sampai mengganggu fungsi tubuhnya. Ada enam jenis vitamin yang angka kecukupan yang berbeda-beda pada setiap kelompok usia anak, meliputi vitamin A, B, C, D, E, dan K.

Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan mata anak. Selain itu, vitamin A juga membantu mencegah infeksi, menjaga kesehatan kulit, sistem saraf, otak, serta tulang dan gigi. Itu sebabnya, kurang asupan vitamin A pada anak berisiko menimbulkan masalah penglihatan, seperti rabun senja. Tanda-tanda anak kekurangan vitamin A antara lain, kulit dan mata kering, kesulitan melihat di malam hari, serta waktu penyembuhan luka lambat.

Vitamin D dibutuhkan untuk mendukung berbagai fungsi tubuh anak. Mulai dari memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, juga menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Kurang asupan vitamin D mengakibatkan munculnya beragam masalah kesehatan. Gangguan tulang, kejang otot dan kerusakan gigi adalah dampak anak kekurangan vitamin D. Tanda-tanda anak mengalai defisiensi vitamin D bisa berupa timbul rasa sakit dan kelemahan pada otot kaki, gigi lambat tumbuh dan rambut rontok, dll. Vitamin D tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, melainkan harus didapat dari makanan harian dan sinar matahari. Oleh karena itu, selain mencukup nutrisi dari makanan, anak juga harus mendapat paparan sinar matahari yang cukup.

Dalam jumlah yang cukup, asupan vitamin E berperan sebagai antioksidan yang akan membantu melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas, senyawa yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Kekurangan vitamin E pada anak dapat mengakibatkan gangguan saraf dan retina mata.  Defisiensi vitamin E pada anak ditandai dengan gejala seperti kelemahan otot, masalah penglihatan,  dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Vitamin K dibutuhkan untuk membantu proses pembekuan darah sekaligus menghentikan perdarahan saat luka. Dibandingkan orang dewasa, kekurangan vitamin K lebih sering dialami oleh anak-anak terutama bayi. Jika dialami oleh bayi, kekurangan vitamin K bisa menimbulkan gejala seperti perdarahan saat tali pusat lepas, perdarahan hidung, saluran cerna hingga perdarahan otak mendadak. Tanda-tanda dari kekurangan vitamin K bisa berupa warna kulit semakin pucat dari hari ke hari, bagian putih pada mata berubah menguning setelah beberapa hari.

Vitamin B memiliki peran vital dalam tubuh manusia. Contohnya, vitamin B1 yang berfungsi dalam proses metabolisme glukosa atau vitamin B6 yang memiliki peran vital dalam sistem saraf pusat. Vitamin B kompleks mulai dari B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12 merupakan jenis vitamin yang larut dalam air. Artinya, tubuh hanya dapat menyimpan vitamin ini dalam jumlah kecil sehingga harus dikonsumsi setiap hari secara rutin. Gejala atau tanda-tanda kekurangan vitamin B beragam, di antaranya kelelahan, kulit kering, bibir pecah-pecah, gangguan fungsi kognitif, penurunan nafsu makan, dll.

Asupan vitamin C yang cukup pada anak bisa membantu membentuk dan memperbaiki sel darah merah, tulang, serta jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah infeksi. Bahkan, vitamin C berperan penting dalam mendukung proses penyerapan mineral zat besi yang ada di dalam sumber makanan. Tanda-tanda anak mengalami kekurangan vitamin C bisa berupa luka yang lama sembuh, sakit pada sendi, mudah sariawan dan gusi berdarah, dsb.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami