Tips Agar Anak Cinta Membaca

Bacaan adalah sumber ilmu pengetahuan. Anak bisa mengetahui banyak hal baru dari apa yang dibaca.  Menurut psikolog yang juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, Siti Nurina Hakim, membaca  akan membangun jiwa kritis dalam diri anak. Kecintaan pada membaca, selanjutnya akan berbuah kecintaan untuk belajar. Oleh karena itu orangtua perlu menumbuhkan kecintaan membaca pada anak sedini mungkin.

Adapun cara menumbuhkan kecintaan anak pada aktivitas membaca sejak dini adalah dengan cara berikut ini:

  • Membacakan buku/cerita sejak dini
    Sering-sering bacakan dongeng atau buku cerita. Bisa dilakukan sebelum anak tidur. Saat mendengarkan cerita, anak sekaligus berlatih konsentrasi dan mengembangkan imajinasi. Dia juga akan mengenal banyak kosa kata baru.
  • Menyediakan bahan bacaan
    Sediakan aneka bahan bacaan untuk anak. Bahan bacaan sebaiknya beragam baik dari segi bentuk maupun tema. Ada buku dongeng, ada cerita sejarah, bisa juga cerita bergambar.
  • Memberi akses bacaan
    Berikan akses bacaan kepada anak. Sering-sering ajak anak ke toko buku. Belikan beberapa buku yang disukai dan sesuai dengan usianya. Ajak anak ke perpustakaan. Bila memungkinkan buatkan kartu anggota.
  • Orangtua menjadi teladan
    Anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Oleh karena itu orangtua harus menjadi teladan. Kecintaan membaca harus dimulai dari orangtua. Tunjukkan kecintaan membaca di hadapan anak. Tunjukkan juga hasil dari kecintaan membaca agar anak makin termotivasi.

Anak yang cinta membaca, pada tahap selanjutnya akan juga cinta belajar. Akhirnya membaca dan belajar menjadi kebutuhan untuk menyerap ilmu pengetahuan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam dirinya. Keberhasilan pencapaian esensi belajar sesungguhnya adalah ketika membaca dan belajar sudah menjadi kebutuhan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!