Tips Agar Anak Nyaman di Rumah Baru

Ada kalanya pindah rumah tak bisa dihindari. Bisa karena alasan pekerjaan atau yang lainnya. Ada keluarga yang terpaksa pindah rumah berkali-kali dalam waktu yang relatif singkat. Padahal pindah rumah bisa menjadi persoalan bagi anak. Pindah rumah, artinya mereka butuh penyesuaian dengan lingkungan baru. Bagaimana agar anak tetap merasa nyaman dengan kepindahan ke rumah baru, ini yang harus dilakukan:

  • Ceritakan kepada anak tentang rencana kepindahan rumah. Alasan mengapa harus pindah. Ceritakan secara detil tentang lingkungan yang akan menjadi tempat tinggal baru mereka.
  • Ajak anak mengunjungi calon rumah baru. Kenalkan dengan tetangga terdekat. Bila tetangga punya anak sebaya, biarkan mereka bermain bersama. Ini sebagai prakondisi bagi anak untuk masuk ke lingkungan baru.
  • Pindah rumah berarti juga pindah sekolah. Libatkan anak dalam memilih sekolah baru. Kemudian ajak dia mengunjungi bakal sekolah barunya, Kenalkan dia dengan kepala sekolah, guru dan bila memungkinkan kenalkan juga dengan kawan-kawan barunya.
  • Sedapat mungkin pindahan dilakukan saat pergantian tahun ajaran. Jadi ketika anak memang harus berpisah dengan teman-teman sekelasnya menuju kelas baru. Selain itu urusan kepindahan sekolah anak akan lebih mudah saat ganti tahun ajaran.
  • Ajak anak berkeliling di lingkungan sekitar rumah baru. Perlihatkan dia tempat-tempat menarik yang mendukung bakatnya. Misal bila anak suka sepakbola, perlihatkan lapangan yang asyik di dekat rumah tempat dia bisa main bola. Ini akan membuatnya tak sabar untuk segera pindah ke rumah baru.
  • Libatkan anak dalam memilih ruangan sebagai kamarnya. Biarkan dan fasilitasi dia merancang desain kamarnya sendiri.

Bila tips-tips di atas dilakukan, anak akan lebih mudah menyesuaikan diri di lingkungan yang baru. Dia pun akan merasa lebih nyaman tinggal di rumah baru.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!