Tips Agar Anak Tidak Manja

Orangtua pada umumnya akan sangat mencintai dan menyayangi anak-anaknya. Bahkan mungkin Ayah-Ibu rela melakukan dan memberikan apa saja demi membahagiakan si kecil tercinta. Tapi hati-hati ya, Ayah-Ibu! Jangan sampai limpahan rasa cinta dan kasih sayang yang begitu besar untuk anak tersebut berwujud perlakuan berlebihan, yang justru bisa membuat anak tumbuh menjadi anak manja. 

Lalu bagaimana cara agar anak tidak manja? Berikut beberapa tips yang bisa Ayah-Ibu terapkan: 

  • Komitmen Ayah-Ibu

Dibutuhkan komitmen dari Ayah-Ibu untuk memberikan kasih sayang kepada anak namun tidak memanjakannya. Harus ada kerja sama yang baik antara Ayah dan Ibu dalam menerapkan pola asuh dan mendidik anak supaya anak memiliki kepribadian baik dan tidak tumbuh menjadi anak yang manja. 

  • Beri teladan kemandirian 

Berikan contoh lewat perilaku Ayah-Ibu dan ajarkan berbagai hal untuk melatih kemandirian anak sesuai tahapan perkembangan usianya. Jangan terlalu sering turun tangan untuk hal-hal yang sebenarnya sudah bisa ia lakukan tanpa bantuan Anda. Namun bila memang ia belum bisa, bimbinglah sampai ia mampu melakukannya dengan baik. 

  • Jangan selalu turuti kemauan anak

Pahamkan anak bahwa tidak semua kemauannya harus dipenuhi dengan alasan yang bisa ia terima. Ajarkan anak tentang bersabar bila ada keinginannya yang tidak bisa ia dapatkan. Tunda memenuhi keinginan anak untuk mengajarinya bersabar, walapun sebenarnya Ayah-Ibu bisa memenuhi keinginannya saat itu juga.

  • Komunikasi

Jalin komunikasi yang baik dengan anak. Jelaskan tentang hal-hal yang menjadi harapan Ayah-Ibu dari si kecil dan yang seharusnya mulai ia lakukan secara mandiri. 

  • Orang lain juga harus paham

Sampaikan juga tentang upaya Ayah-Ibu dalam melatih kemandirian anak ini kepada orang-orang di sekitar, seperti kakek-nenek, termasuk pengasuhnya (bila ada), agar mereka juga memberikan dukungan yang positif untuk keberhasilannya. 

  • Ada imbalan untuk usaha dan kerja keras

Bila anak menginginkan sesuatu yang wajar dan tidak berlebihan, biarkan ia berusaha dan berjuang sendiri terlebih dulu untuk mendapatkannya. 

  • Berikan pujian

Jangan lupa untuk memberikan anak pujian untuk setiap hal positif yang telah dilakukan sendiri oleh anak-anak dengan baik. Ini akan memotivasi dan mendorong kemandiriannya. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!