Tips Ciptakan Lebaran Ceria Walau di Rumah Saja

Ketika Lebaran 2020 tiba, sepertinya pandemic Covid-19 belum akan berakhir. Tak dipungkiri Lebaran akan menjadi berbeda dengan adanya pandemi ini. Anjuran di rumah, ditiadakannya Salat Id dan larangan mudik sungguh akan membuat banyak orang kehilangan momentum tahunan yang biasanya sangat berkesan.

Jangan berkecil hati ya Pak, Bu… Ini semua demi kebaikan bersama untuk mencegah penularan virus Corona. Sekarang adalah waktunya berdamai dengan pandemic. Caranya adalah menciptakan kebahagiaan sendiri dengan cara yang kreatif, walau tidak bisa pergi kemana-mana untuk bersilaturahmi dengan kerabat ataupun keluarga besar. Yuk ciptakan Lebaran yang tetap ceria walau #DiRumahSaja dengan cara-cara berikut ini:

  • Sediakan hidangan kesukaan anggota keluarga

Agar suasana Lebaran saat pandemi tidak jauh berbeda, sediakan hidangan berupa masakan-masakan favorit keluarga. Bisa juga masakan yang menjadi tradisi di rumah saat Lebaran, seperti ketupat sayur ataupun lontong-sambal goreng. Sajikan pula camilan yang enak-enak di meja walau untuk dimakan sendiri.

  • Tetap jalankan ritual Lebaran

Tetap laksanakan ritual Lebaran seperti sungkem kepada yang lebih tua dan bagi-bagi angpau kepada anak-anak agar menambah keceriaan mereka.

  • Buat kartu Lebaran digital

Manfaatkan aplikasi-aplikasi editing di ponsel untuk membuat kartu keluarga digital. Kirimkan kepada teman-teman, sanak kerabat dan keluarga besar. Buat juga kartu versi anak-anak untuk dikirimkan kepada kawan-kawan mereka.

  • Silaturahmi digital dengan keluarga besar

Lebaran tak bisa bersilaturahmi secara langsung. Maka waktunya menggunakan aplikasi conference dan video call untuk bersilaturahmi. Manfaatkan aplikasi seperti Google Meeting, Webex ataupun Zoom untuk silaturahmi dengan keluarga besar. Walaupun tak bisa menyentuh dan berjabat tangan, setidaknya bisa bertatap muka dan berbagi keceriaan walau jarak jauh.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!
Daftarkan email Anda dan dapatkan info terupdate dari kami