Tips Jitu Cegah Berat Badan Naik Saat Puasa

Puasa sebenarnya bisa menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk menurunkan berat badan. Namun yang terjadi sering justru sebaliknya. Banyak orang yang mengeluhkan berat badan naik saat puasa. Kalap saat makan, dan banyaknya konsumsi makanan mengandung gula menjadi sumber kenaikan berat badan yang umum terjadi saat puasa. Lalu, bagaimana tips jitu mencegah agar berat badan tidak naik saat puasa? Ini dia tipsnya:

  • Perhatikan pola makan

Berat badan naik saat puasa biasanya disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk, lebih besar ketimbang yang dibakar saat beraktivitas. Karena itu, untuk mencegah berat badan naik saat puasa, Anda harus perhatikan benar pola makan dan aktivitas fisik Anda selama bulan Ramadan ini. Karbohidrat memang disarankan dikonsumsi saat sahur. Meski demikian, upayakan mengonsumsi karbohidrat kompleks di waktu sahur, agar perut kenyang lebih lama. Ubi, kentang dan beras merah lebih baik ketimbang nasi putih.

  • Protein dan sayuran untuk sahur

Jangan lupa memasukkan protein dan sayur dalam menu sahur, agar asupan serat, vitamin dan mineral terjaga. Protein dan serat dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Untuk cadangan cairan, hindari minum teh atau kopi yang bersifat deuretik. Cairan sebaiknya didapat dari air putih.

  • Batasi asupan makanan manis saat berbuka

Saat berbuka puasa, batasi asupan makanan dan minuman manis. Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan untuk mengganti energi yang hilang saat puasa. Namun Anda tetap harus dibatasi jumlahnya. Demikian pula dengan gorengan. Makan gorengan saat buka puasa memang nikmat, namun  kalori dalam gorengan sangat besar jumlahnya.

  • Asupan vitamin

Perbanyak asupan vitamin dan mineral yang bersumber dari buah dan sayuran. Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan setidaknya lima porsi saat sahur dan buka puasa. Ini dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, dan serat dalam seharian. Selain itu, pembuangan pun akan lebih lancar.

  • Konsumsi air putih

Untuk kecukupan cairan Anda bebas mengonsummsi air putih sebanyak yang Anda mampu, minimal 8 gelas sehari semalam. Namun tidak demikian dengan teh, kopi, atau minuman bersoda. Selain mengandung kalori (dari gula dan pemanis), minuman ini dapat mendorong tubuh Anda kehilangan cairan lebih banyak, sehingga meningkatkan risiko dehidrasi.

  • Tetap berolahraga

Tetap aktif berolahraga menjadi tips paling pamungkas agar berat badan tidak membengkak selama puasa. Membakar kalori dengan berolahraga dapat membantu Anda mempertahankan berat badan. Jenis olahraga yang bisa pilih mulai dari jalan santai, yoga, atau bersepeda. Waktu ideal untuk berolahraga saat puasa adalah sore hari selepas Ashar dan malam hari, minimal 1 jam setelah makan malam.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!