Tips Melatih Anak Merawat Gigi Sejak Dini

Gigi merupakan salah satu organ tubuh penting yang berpengaruh besar pada pertumbuhan anak. Sayangnya, masih banyak orangtua yang abai menjaga kesehatan gigi anak. Akibatnya, lumrah kita jumpai anak dengan karies gigi. Gigi yang tampak menghitam dan terkikis di sana sini itu bisa ditanggulangi dengan mengajari anak merawat gigi sejak dini. Susah mengajari anak merawat gigi? Tentu tidak! Asal Anda tahu tips melatih anak merawat gigi sejak berikut ini.

Kebiasaan merawat gigi memang harus dimulai sejak dini. Sejak bayi, usahakan untuk membersihkan mulut dan lidah bayi, juga gusinya, tiap kali ia selesai menyusu. Kebiasaan ini akan melatih bayi soal kebersihan mulut. Demikian juga ketika bayi sudah mulai mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Untuk membersihkannya, gunakan kain yang lembut atau sikat gigi jari khusus bayi. Lakukan setiap kali usai sarapan dan sebelum tidur.

Nah, ketika gigi kecil mulai tumbuh, Anda bisa mengenalkannya pada sikat gigi yang berbentuk karet elastis seukuran jari. Anda bisa membelinya di toko khusus perlengkapan bayi atau toko online. Sikatlah gigi bayi setiap kali mandi. Ini akan melatih si kecil tentang rutinitas menyikat gigi. Jika si kecil sudah mulai mampu memegang benda kecil, Anda boleh mengijinkannya memegang sendiri sikat gigi bayi itu. Biarkan dia berlatih menyikat giginya, sembari melatih motorik halusnya.

Untuk anak yang sudah lebih besar, Anda bisa mulai memperkenalkannya dengan pasta gigi. Pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung fluoride. Biasanya, pasta gigi untuk anak akan terasa manis, sehingga anak tidak akan takut mencobanya. Jika perlu, biarkan anak memilih sendiri pasta gigi dengan aroma rasa kesukannya, agar ia semangat menyikat gigi.

Selain merawat gigi secara mandiri, Anda juga perlu mengajak si kecil ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Ini penting agar anak belajar untuk tidak takut pada dokter gigi, dan agar anak tahu pentingnya pemeriksaan gigi secara berkala, untuk menjaga kesehatannya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!