Tips Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

Kepercayaan diri bukanlah sesuatu yang alamiah langsung ada dalam diri seseorang. Kepercayaan diri perlu dilatih dan dibangun secara terus-menerus, bahkan sejak anak usia dini. Anak dengan kepercayaan diri yang tinggi lebih adaptif dengan lingkungan baru, dan lebih cenderung berprestasi. Bagaimana cara membangun kepercayaan dri anak sejak dini? Berikut ini tipsnya.

  • Beri Ruang Eksporasi

Tips yang pertama dan utama adalah dengan tidak terlalu membatasi ruang gerak sejak anak masih bayi. Saat si kecil sudah mulai bisa merangkak, hingga berjalan, izinkan ia bereksplorasi sebebas mungkin, tentu dengan tetap dalam pengawasan orang tua. Anak yang dibiarkan berekplorasi untuk memuaskan rasa ingin tahunya, akan tumbuh menjadi anak yang kreatif dan cerdas. Anak yang kreatif biasanya juga akan lebih percaya diri.

  • Citra Diri yang Baik

Menanamkan citra diri yang baik kepada anak adalah tips berikutnya. Tanamkan keyakinan pada diri si kecil bahwa ia berharga. Jangan pernah membanding-bandingkan si kecil dengan saudaranya, kakak atau adiknya, atau bahkan teman sesusianya. Jangan segan memberi pujian jika si kecil telah melakukan hal positif. Sebaliknya, jika anak melakukan kesalahan, jangan memarahinya dengan suara keras atau kata-kata kasar, apalagi mempermalukannya.

  • Beri Dukungan

Dorong anak untuk berani berinteraksi dengan orang asing, mungkin kerabat jauh yang belum pernah jumpa, atau anak sebaya di tempat bermain. Ini akan mendorong rasa percaya diri anak menghadapi sesuatu yang asing. Bisa juga dengan mendorong si kecil menunjukkan kemampuannya bernyanyi, berhitung atau menyebutkan nama-nama hewan, di depan kerabat atau tetangga. Ini akan mendorong anak untuk bersikap berani dan tidak malu-malu dalam bertindak.

  • Ajarkan Tanggungjawab

Ajari anak tentang tanggungjawab. Ajak anak untuk membantu pekerjaan rumah tangga, misalnya membuang sampah. Anak akan merasa diberi kepercayaan oleh orangtua bahwa dia mampu melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya. Beri pujian jika si kecil bisa konsisten melakukannya, hal ini akan meningkatkan percaya diri pada anak.

  • Libatkan dalam Pengambilan Keputusan

Libatkan anak dalam pengambilan keputusan. Biarkan anak memilih pakaiannya, mainan, atau mungkin buku bacaan saat berbelanja ke toko. Salah satu tips memupuk rasa percaya diri anak adalah mengikut sertakan dia dalam mengambil keputusan, dan menghargai pilihannya. Untuk anak yang lebih besar, bisa juga dilibatkan dalam memilih sekolah, pre school misalnya. Berikan kepada si anak opsi-opsi yang ada, berikut konsekuensi atas pilihannya.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!