Tips Meningkatkan Imunitas Si Kecil

Saat wabah penyakit melanda, apalagi yang disebabkan oleh virus, maka antisipasi utama untuk melindungi si kecil adalah dengan cara meningkatkan imunitas tubuh mereka. Karena virus akan kalah oleh imunitas tubuh yang baik. Virus tidak akan menginfeksi tubuh yang sehat dan terjaga imunitasnya. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh si kecil:

  • Pemberian ASI Eksklusif

Bila punya anak bayi, pastikan dia menerima pemberian ASI eksklusif 6 bulan. Pemberian ASI eksklusif terbukti merupakan cara ampuh untuk membangun sistem kekebalan tubuh anak-anak.

  • Istirahat cukup

Pastikan si kecil memiliki jam istirahat atau tidur yang cukup. Untuk bayi. American Academy of Sleep Medicine merekomendasikan waktu tidur yang ideal bagi anak usia 4 sampai 12 bulan adalah rata-rata 12 sampai 16 jam (termasuk tidur siang). Sementara anak Balita usia 1 sampai 5 tahun rata-rata antara 11 sampai 14 jam (termasuk tidur siang).

  • Bermain di alam terbuka

Mengurung si kecil untuk terus di rumah apalagi yang kurang ventilasi udara adalah tindakan kurang bijaksana. Bermain di alam terbuka yang memiliki udara segar merupakan cara membangun imunitas tubuh si kecil. Namun lakukan juga antisipasi kemungkinan gigitan nyamuk.

  • Konsumsi makanan yang meningkatkan imunitas

Pastikan si kecil mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimban g yang membantu meningkatkan imunitas tubuhnya. Membuat mereka mengonsumsi buah dan sayuran juga pilihan tepat bagi orangtua untuk menjaga imunitas si kecil. Bila perlu, bisa memberi tambahan vitamin. Tapi sebisa mungkin konsultasikan dulu dengan dokter anak Anda.

  • Menghindari polusi

Udara yang tercemar juga bisa menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu hindarkan si kecil dari polusi udara. Bila perlu, pemakaian masker bisa diterapkan saat bepergian.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!