Tips Sukses Laktasi/Menyusui

Manfaat dan pentingnya air susu ibu (ASI) untuk pertumbuhan dan mengoptimalkan perkembangan bayi tak perlu diragukan lagi. Hal ini membuat banyak ibu ingin bisa memberikan ASI eksklusif untuk buah hati.  Namun menyusui tidak selalu mudah. Tak sedikit ibu mengalami kendala. Terutama bagi ibu baru, misalnya kemungkinan ibu mengalami payudara yang membengkak, rasa sakit pascamelahirkan, ASI yang baru keluar sedikit, bayi masih sulit menghisap dan sebagainya, yang membuat menyusui tidak selalu menyenangkan. 

Lalu bagaimana agar ibu sukses dalam laktasi? Berikut beberapa tips yang bisa Ibu terapkan: 

  • Tekad kuat untuk menyusui

Semua bisa dimulai dari tekad di dalam diri ibu untuk memberi ASI eksklusif kepada buah hati tercinta. Keyakinan bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi akan menjadi motivasi kuat bagi ibu, sehingga ketika mengalami kesulitan dalam menyusui ibu tidak akan menyerah. 

  • Persiapkan sejak dini

Carilah berbagai informasi seputar laktasi dari berbagai referensi seperti buku dan internet, atau dari pakar dan yang sudah  berpengalaman dalam laktasi, misalnya informasi tentang makanan dan suplemen yang bisa memperbanyak atau memperlancar ASI, menjaga kesehatan selama menyusui, teknik menyusui yang benar, dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar ibu bisa mempersiapkan laktasi sedini mungkin, bahkan sejak si kecil masih dalam kandungan. 

  • IMD

Inisiasi menyusui dini (IMD) dan susuilah bayi sesegera mungkin setelah ia lahir. Seringlah menyusui si kecil terutama di hari-hari pertamanya. Bila perlu perah atau pompalah ASI serta lakukan pemijatan laktasi untuk lebih meningkatkan produksi ASI itu sendiri. 

  • Dukungan dari suami

Dukungan penuh hingga keterlibatan suami sangat penting demi suksesnya ibu menyusui. Mungkin juga ditambah dengan dukungan dari keluarga dekat lainnya. Abaikan orang-orang lain yang suka berkomentar negatif pada ibu. 

  • Hindari stres

Ibu menyusui harus bahagia. Rasa lelah merawat bayi yang dirasakan ibu adalah hal yang wajar. Namun jangan sampai kemudian memicu stres ibu. Hindari hal-hal atau permasalahan yang memicu rasa tertekan pada ibu, yang dapat mengurangi produksi ASI ibu. 

  • Bergabung dengan komunitas ibu menyusui

Tidak ada salahnya ibu bergabung dengan komunitas-komunitas ibu hamil atau ibu menyusui untuk mendapatkan informasi lebih banyak seputar laktasi. Ibu sekaligus juga bisa mendapatkan dukungan positif dari komunitas itu dalam hal menyusui. 

  • Konsultasi laktasi

Jika ibu menemui kesulitan dalam menyusui, hubungi konselor laktasi. Mereka akan dengan senang hati memberikan berbagai saran, metode, bahkan pendampingan ibu agar bisa menyusui dengan sukses. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!