Janethes
Janethes

Sosial Media kami:

Yuk Setting Youtube, Agar Anak Terhindar Konten yang Belum Waktunya Dilihat

Menjauhkan anak dari gadget, mungkin bukan pilihan bijak di tengah tuntutan zaman akan penggunaan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak boleh kok mulai mengenal gadget, merasakan menfaat dan kemudahan hidup yang diperoleh kalau kita menggunakannya dengan baik. Namun tentu saja semua ada batasnya.

Selain batas durasi dan frekuensi penggunaan, ada juga batas terpaan informasi bagi anak. Yang terakhir ini butuh peran orangtua dengan menyetting aplikasi pada gadget yang digunakan sedemikian rupa. Nah berikut ini adalah tutorial menyetting Youtube yang sangat digemari oleh anak, agar anak-anak kita terhindar dari konten yang belum waktunya mereka lihat.

Sebelumnya perlu diketahui,Youtube yang terinstall di perangkat smartphone/tablet bisa disetting melalui  aplikasi di smartphone-tablet dan melalui  browser (aplikasi penjelajah internet) seperti Chrome, Internet Explorer, Opera, Safari dan lain-lain yang terdapat di komputer atau di perangkat smartphone/tablet. Youtube yang muncul dari aplikasi dan Youtube yang muncul pada browser itu berbeda. Setting yang dilakukan di aplikasi tidak berpengaruh pada Youtube yang dikses melalui browser. Jadi kita harus melakukan settting pada keduanya. Berikut cara settings Youtube di ke dua sumber tersebut.

Melalui Aplikasi :

  1. Jalankan aplikasi Youtube dengan mengeklik ikon. Setelah masuk ke akun anda, klik menu dengan ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas.
  2. Klik Settings
  3. Klik General
  4. Pada bagian Restricted Mode, klik tombol ON hingga menyala.

Adapun setting Youtube melalui browser ada di smartphone atau tablet, berbeda dengan setting Youtube dari browser yang ada di komputer atau laptop.

Browser pada smartphone atau tablet :

  1. Jalankan aplikasi browser dari smartphone atau tablet.
  2. Ketik Youtube di adrress bar (kotak alamat), kita akan diberi pilihan Aplikasi youtube atau m.yotube.com.
  3. Setting pada keduanya sama dengan setting pada aplikasi Youtube di atas. Karena baik kita pilih aplikasi Youtube ataupun m.youtube.com hasil tampilannya sama saja dengan aplikasi Youtube.

Settings dari browser pada laptop atau komputer :

  1. Jalankan aplikasi browser pada laptop.
  2. Ketik youtube di address bar. Kita akan diberi pilihan hasil pencarian.
  3. Klik saja Youtube.com. Geser halaman Youtube.com ke posisi paling bawah
  4. Klik bagian Restricted Mode > Klik On > Klik Save. (Lihat gambar berikut).
  5. Setelah klik Save, akan muncul pilihan “Lock Restricted Mode on this browser” untuk mengunci agar “Restricted mode” tetap On dan tidak mudah diganti pihak lain.
  6. Jika kita ingin mengunci pilihan ini, klik “Lock Restricted Mode on this browser” kita diminta masuk ke akun kita dulu. Silakan masuk ke akun Anda dengan mengeklik Sign in.
  7. Setelah masuk ke akun anda, geser lagi halaman Youtube ke paling bawah. Pilihan “Restricted mode” dalam posisi On dan tidak bisa di klik atau diubah.
  8. Jika ingin kembali ke settings sebelumnya, klik “Unlock Restricted Mode on this browser”, dan anda diminta masuk ke akun anda dulu.

Sebagai catatan, melakukan pengaturan aplikasi Youtube ini akan banyak membantu menyaring konten dewasa sehingga cukup aman buat anak-anak. Namun hasilnya memang tidak 100% akurat. Ini juga tergantung dari kategori konten situs atau video oleh yang membuat situs atau yang meng-upload video ke youtube.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!

Artikel Terkait Pendidikan

  • Anak Bau Badan? Coba Tips Ini Yuk!

    Anak Bau Badan? Coba Tips Ini Yuk!

    Senangnya bila melihat si kecil sehat dan aktif. Ia suka sekali bergerak, bermain, berlarian, dan melakukan banyak aktivitas sepanjang hari dengan ceria dan penuh semangat. Tapi ketika segudang aktivi...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 10, 2021
  • Atasi Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan Ini

    Atasi Rambut Rontok Ibu Menyusui dengan Ini

    Masalah kerontokan rambut selepas melahirkan atau pada masa-masa menyusui si kecil bisa menjadi kekhawatiran tersendiri bagi ibu. Apalagi jika rambut rontok parah. Hampir setiap kali tubuh bergerak, r...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 10, 2021
  • Anak Tidak Suka Makan Nasi? Makanan Ini Bisa Jadi Gantinya

    Anak Tidak Suka Makan Nasi? Makanan Ini Bisa Jadi Gantinya

    Bagi mayoritas orang Indonesia, nasi biasanya menjadi salah satu menu yang wajib ada untuk dikonsumsi setiap hari. Bahkan ada yang menganggap belum makan jika seharian belum makan nasi.  Tapi bag...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 1, 2021
  • Ide Quality Time Buat Keluarga Muda

    Ide Quality Time Buat Keluarga Muda

    Ayah seharian sibuk bekerja. Ibu mungkin juga harus bekerja, atau jika tidak, biasanya sudah repot dengan urusan pekerjaan rumah. Sementara anak-anak juga asyik dengan kegiatan masing-masing. Satu sam...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada April 1, 2021
  • Pentingnya Quality Time untuk Perkembangan Mental Anak

    Pentingnya Quality Time untuk Perkembangan Mental Anak

    Ayah-Ibu termasuk orangtua yang super sibuk? Tuntutan pekerjaan, mengikuti berbagai kegiatan organisasi di masyarakat, atau tugas-tugas lain di luar rumah begitu menyita waktu Anda, sehingga waktu yan...

    Baca selebihnya...

    oleh janethes pada Maret 31, 2021

Artikel Populer