4 Tips Agar Bayi Tenang Saat Diajak Salat Idul Fitri

Membawa bayi ikut serta dalam momen Salat Idul Fitri tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu. Kemungkinan bayi rewel, menangis hingga menganggu kekhusyukan ibadah adalah hal-hal yang mungkin dialami. Apalagi, Salat Idul Fitri yang digelar di pagi hari, kadang membuat si kecil harus bangun dan bersiap lebih pagi. Tapi, asal dipersiapkan sejak awal, Anda tetap bisa beribadah Salat Idul Fitri dengan lancar, sembari menyanding si kecil. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bayi tenang selama Salat Id. Berikut ini penjelasannya.

  • Tidur lebih awal

Pastikan di kecil tidur lebih awal, pada malam sebelumnya. Salat Idul Fitri biasanya digelar sekitar pukul 6 hingga pukul 7 pagi hari. Karena itu, Anda harus bersiap dan mempersiapkan si kecil lebih awal. Cukup tidur di malam harinya agar ia bangun dengan suasana hati yang ceria. Ibu pun akan lebih mudah mempersiapkan si kecil untuk mandi lalu berangkat ke lapangan atau masjid tempat lokasi salat. Jika suasana hatinya baik, kemungkinan besar ia tidak rewel saat diajak Salat Id.

  • Sarapan dulu

Jangan lupa memberi ASI atau sarapan pada si kecil. Kadang, persiapan di pagi hari membuat ibu terburu-buru dan melewatkan beberapa hal. Perut kosong akan membuat si kecil gelisah, dan mungkin rewel setiba di lokasi. Pakaikan popok sekali pakai dan pakaian yang nyaman. Baju berbahan katun yang tipis dan lembut akan membuat bayi tidak merasa gerah, dan mencegah dia rewel karena kegerahan.

  • Bawa bekal

Bawalah makanan kecil atau air dalam botol untuk jaga-jaga. Meski sudah minum ASI atau sarapan makanan pendamping ASI (MPASI) di rumah, si kecil mungkin saja merasa lapar atau haus saat di lokasi. Karena itu, bawalah tas kecil berisi semua keperluannya. Siapkan baju ganti, susu, camilan dan barang kesayangan yang sering dibawanya.

  • Bawa mainan

Perlu juga membawa mainan favorit si kecil, agar nantinya si kecil bisa asyik dengan mainannya, sementara salat Anda tetap khusyuk tanpa terganggu.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!