7 Tips Sukses Menyapih Buah Hati

Cepat atau lambat, anak mesti disapih. Menyapih anak itu gampang-gampang susah. Bila salah strategi, bisa-bisa anak tantrum berkepanjangan. Oleh karena itu dibutuhkan strategi agar si kecil tidak terlalu rewel saat disapih. Ibu pun tidak baper ketika harus berhenti menyusui buah hati kesayangan.

Berikut ini adalah kiat sukses menyapih si kecil yang bisa diterapkan:

  • Berikan pemahaman

Anak yang disapih normalnya berusia sekitar 2 tahun. Pada usia tersebut anak sudah bisa diajak berkomunikasi. Berikan pemahaman bahwa dia tidak akan terus disusui karena sudah gede. Pemberian pemahaman ini bisa dilakukan beberapa kali di waktu yang tepat, misalnya sambil menyusui.

  • Kurangi secara bertahap

Kurangi pemberian ASI secara bertahap. Ibu bisa mengurangi frekuensinya atau bisa mengurangi durasinya. Makin lama makin berkurang, sehingga si kecil tidak terlalu kaget bila akhirnya berhenti sama sekali

  • Ubah kebiasaan minum

Kenalkan si kecil dengan gelas dan sendok untuk minum. Biarkan dia merasakan segarnya minum dengan gelas. Ulangi terus dan jadikan minum dengan gelas ini kebiasaan baru.

  • Buat Mpasi yang menarik

Buat dan sajikan makanan pendamping ASI (Mpasi) yang menarik untuk si buah hati. Berikan makanan sehat kesukaannya. Sajikan dengan cara yang menarik. Sesekali biarkan dia makan sendiri Mpasi-nya. Memang harus sabar karena mungkin akan belepotan.

  • Libatkan pasangan

Ibu bisa mengurangi intensitas menyusui dengan bepergian dan meninggalkan si kecil di rumah. Libatkan pasangan dalam program ini. Pasangan bisa membantu dengan membantu mendampingi si kecil saat ditinggal-tinggal, demi mengurangi intensitas menyusui.

  • Ubah kebiasaan tidur

Ubah kebiasaan tidur si kecil. Dari semula mungkin harus menyusu dulu, dengan cara lain, misalnya minum susu dari gelas, atau dengan membacakan dongeng sebelum tidur. Dari tidur Bersama Ibu, menjadi tidur bersama ayah.

  • Komunikasi yang menyenangkan

Lakukan komunikasi yang intens dan menyenangkan dengan si kecil. Sering-seringlah berbicara dan menatap matanya. Tinggalkan gadget Anda dan seringlah main bersama dia. Pastikan si kecil merasakan bahwa walau dia tak lagi menyusu, Ibu tetap hadir dan dekat dengan dia.

Demikianlah sejumlah kiat menyapih buah hati. Semoga sukses!

Suka artikel ini? Ayo bagikan!