Benarkah Cacar Air Hanya Sekali Seumur Hidup?

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan virus. Cacar air pada umumnya diderita oleh anak-anak. Seakan belum afdol anak-anak kalau belum terkena cacar air. Penyakit ini sangat mudah menular. Bila satu anak kena, biasanya anak lain yang biasa bermain dengannya akan ikut terinfeksi.

Pertanyaannya, benarkah cacar air hanya akan menyerang sekali dalam seumur hidup seseorang? Apakah benar anak-anak yang menderita cacar air akan memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sehingga tak akan kena lagi pada waktu mendatang?

Secara teori, setelah seorang anak terinfeksi virus cacar air, biasanya dia memang akan mempunyai kekebalan alami terhadap penyakit tersebut. Ini berlaku seumur hidupnya. Namun bisa saja anak yang sudah pernah terkena cacar air kemudian terinfeksi kembali untuk kali kedua. Ini biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami masalah dengan sistem kekebalan tubuh.

Yang perlu diperhatikan pada anak-anak dengan masalah sistem kekebalan tubuh ini adalah bahwa cacar air bisa berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Kendati tidak banyak terjadi, namun virus cacar air bisa memicu terjadinya radang otak pada anak yang memiliki gangguan kekebalan tubuh.

Walaupun biasanya menyerang anak-anak, cacar air bisa saja menginfeksi ibu hamil. Biasanya ibu hamil ini belum pernah terinfeksi cacar air saat anak-anak. Kasus cacar air yang menyerang ibu hamil ini, wajib diwaspadai. Oleh karena bisa berefek pada janin yang sedang dikandungnya. Bila ibu hamil tertular cacar air di awal kehamilan (selama trimester pertama atau kedua), bayinya bisa mengalami sindrom varicella kongenital (CVS). CVS ditandai dengan cacat lahir seperti jaringan parut pada kulit, cacat pada tungkai, kepala abnormal dengan ukuran lebih kecil, masalah neurologis dan juga penglihatan.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!