Bolehkah Berhubungan Seks Sebelum Nifas Selesai?

Setelah melalui masa kehamilan selama 9 bulan dan melahirkan, seorang perempuan masih harus menjalani masa nifas, yaitu masa pemulihan setelah melahirkan. Di waktu ini, secara fisik seorang perempuan akan mengalami beberapa hal, terutama untuk memulihkan kondisi organ reproduksinya. Ada yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama nifas ini. Kadang muncul pertanyaan, bolehkah berhubungan seks sebelum masa nifas selesai?

Masa nifas adalah waktu di mana tubuh terutama organ reproduksi perempuan mengalami pemulihan, setelah menjalani kehamilan selama 9 bulan, dan proses melahirkan baik secara alami maupun operasi bedah caesar. Selama masa nifas ini ada beberapa hal yang terjadi pada tubuh perempuan. Yang utama adalah proses keluarnya darah dari vagina yang disebut lochia atau lokia. Cairan ini berwarna merah terang hingga gelap, keluarnya berlangsung nyaris setiap hari selama 2-3 pekan pertama. Sebanyak 15% wanita bisa mengeluarkan lokia hingga 6 pekan setelah melahirkan. Hal ini dialami baik pada ibu yang melahirkan normal maupun dengan metode operasi Caesar. 

Selama hari-hari pertama nifas, payudara ibu mungkin terasa kencang, bengkak dan sakit saat disentuh. Produksi ASI yang meyebabkan terjadinya pembengkakan. Sementara di vagina, ibu akan mengalami rasa tidak nyaman hingga nyeri. Terutama pada ibu yang melahirkan normal, karena terjadinya sobekan dan bekas jahitan untuk jalan lahir bayi. Tergantung pada tingkat keparahannya, luka ini dapat sembuh dalam beberapa pekan hingga beberapa bulan. Selama beberapa hari setelah melahirkan, ibu mungkin juga akan mengalami kontraksi. Ini berfungsi untuk mencegah perdarahan berlebih dengan cara menekan pembuluh-pembuluh darah yang terdapat di rahim. 

Nah, kembali pada pertanyaan bolehkah berhubungan seks sebelum nifas selesai. Dengan kondisi yang dialami ibu selama nifas, berhubungan seks saat masa nifas sangat tidak dianjurkan. Hubungan seks tentu haruslah memberikan rasa nyaman kepada kedua belah pihak. Sementara dengan kondisi fisik yang belum pulih benar, maka perempuan akan merasa sangat tidak nyaman berhubungan seks. Payudara akan sangat sakit bila disentuh, belum lagi luka vagina yang belum pulih. 

Berhubungan seks sebelum masa nifas selesai berisiko infeksi pada vagina istri. Masuknya “benda asing” seperti penis, semen, dan sperma, bisa membuat organisme berkembang cepat di dalam saluran vagina. Komplikasi bahkan masih mungkin terjadi selama masa nifas, karena itu, tunggulah sampai masa nifas berakhir karena luka yang tersisa pada rahim dan vagina butuh waktu pemulihan. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!