Kreasi Bekal Unik untuk Si Kecil

Membawa bekal ke sekolah merupakan kebiasaan baik yang memiliki banyak keuntungan. Keuntungan pertama, makanan yang dikonsumsi si kecil jadi terpantau, terjamin kebersihan dan kesehatannya. Selain itu, membawa bekal juga mencegah anak dari kebiasan buruk jajan, apalagi jajan makanan sembarangan yang tidak diketahui kandungan gizinya. Namun demikian, para Ibu tentu harus berpikir kreatif agar bekal yang dibawa si kecil bisa variatif. Ada beberapa kreasi bekal unuik untuk si kecil yang bisa Anda tiru idenya.

  • Nasi goreng

Nasi goreng merupakan menu yang paling umum dibuat sebagai bekal ke sekolah. Selain mudah membuatnya, waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya pun tidak terlalu lama. Agar anak berselera makan, buatlah tampilan nasi goreng yang tidak biasa. Lengkapi nasi goreng dengan sosis, nugget, potongan timun, selada, juga tomat. Jika anak hobi makan sayur, Anda bisa memasukkan potongan wortel dan kacang polong dalam olahan nasi goreng. Telur mata sapi akan membuat nasi goreng bikinan Anda tampak lebih menggoda.

  • Bento

Ibu suka berkreasi dengan bento? Bento merupakan salah satu kreasi bekal sekolah yang paling populer dan digemari anak-anak. Selain tampilannya yang menarik, kombinasi lauk dan sayuran membuat bento lebih sehat. Cara membuatnya juga tidak sulit, semuanya terletak pada kreasi penyusunan dan penggunaan lauk untuk mendapat tampilan yang menarik. Saat ini banyak sekali tutorial membuat bento yang unik di media sosial. Anda bisa mengambil ide dari sana. Bagaimana mengkombinasikan warna nasi dengan sayuran juga lauk, dan membentuk karakter-karakter lucu yang memancing selera makan si kecil. Untuk kreasi warna, Ibu bisa sesekali mengganti nasi putih dengan nasi kuning, atau bahkan nasi merah yang memiliki kandungan gizi lebih baik ketimbang nasi putih biasa.

  • Pasta

Si kecil doyan pasta? Buatlah menu berdasar pasta yang banyak sekali varian bentuknya. Ada spageti, fetucini, dll. Sama halnya dengan nasi, pasta merupakan makanan sumber karbohidrat yang menjadi sumber energi utama tubuh. Cara membuatnya pun tak susah-susah amat, Anda cukup googling resep sebentar, dan pilih resep yang paling cocok dengan lidah si kecil. Agar tampilannya menarik, berilah garnish yang menarik mata seperti wortel.

  • Camilan
    Bekal sekolah tidak harus melulu makanan berat. Anda juga bisa menyiapkan menu camilan yang kaya gizi, model food platter seperti yang ditawarkan di kafe atau resto. Bisa dengan paduan kentang goreng, nugget, sosis, fish chip, jamur goreng, brokoli goreng tepung hingga onion ring. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan cocolan saus tomat atau saus keju untuk membangkitkan selera.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!