Manfaat Ketika Orangtua Mengantar Anak Sekolah

Tahun Ajaran Baru segera tiba. Ada anak yang naik ke kelas lanjutan. Ada yang lulus dari taman kanak-kanak, kemudian menjadi siswa SD. Ada yang lulus dari SD masuk ke SMP. Ada yang lulus SMP dan masuk ke SMA. Begitu seterusnya.

Mengantar anak ke sekolah saat hari pertama masuk sekolah dan juga hari-hari selanjutnya sangat dianjurkan. Bahkan pernah menjadi gerakan di Indonesia, karena begitu besar arti penting dan manfaatnya. Apa saja sih manfaat orangtua mengantar anak ke sekolah? Simak penjelasan berikut ini:

1. Wujud Kasih Sayang
Mengantar anak ke sekolah adalah wujud kasih sayang, perhatian dan tanggungjawab orangtua terhadap anaknya. Anak yang diantar oleh orangtuanya sendiri ke sekolah akan merasa lebih disayangi. Ini akan membangun ataupun memperkokoh ikatan/bonding antara orangtua dan anak.

2. Anak Lebih Semangat Belajar
Anak yang diantar orangtuanya ke sekolah akan merasa bangga dan lebih percaya diri.  Karena orangtua sudah memberikan perhatian kepadanya dengan mengantar ke sekolah, anak akan lebih termotivasi dalam belajar demi membuat bangga orangtuanya. Efeknya, dia pun akan lebih bersemangat belajar untuk mengejar hasil yang terbaik.

3. Orangtua mengetahui kondisi sekolah
Mengantar anak ke sekolah itu secara otomatis membuat orangtua mengetahui kondisi sekolah. Dengan demikian akan memungkinkannya untuk memberikan masukan-masukan demi kebaikan anak dan juga sekolah.

4. Bersosialisasi dengan guru
Mengantar anak ke sekolah adalah kesempatan emas untuk bersosialisasi dengan para guru. Juga kesempatan emas untuk mengajarkan anak tentang sopan santun. Turunlah dari kendaraan dan antarkan anak ke pintu gerbang sekolah. Sapa dan salami guru yang biasanya berjajar menyambut di pintu gerbang. Anak akan meniru setiap perbuatan baik yang Anda contohkan. Guru juga akan lebih merasa dihargai.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!