Menjaga Anak Agar Tetap Semangat Sekolah

Tahun ajaran baru adala waktunya bagi orangtua untuk melengkapi semua kebutuhan sekolah, sekaligus mempersiapkan mental anak untuk memasuki dunia baru. Tentu butuh waktu bagi si kecil untuk beradaptasi dengan lingkungan juga rutinitas baru. Dalam perjalanan beradaptasi tersebut, selalu ada dua kemungkinan yang bakal dihadapi, anak akan termotivasi dan bersemangat untuk terus sekolah, atau justru kehilangan semangat untuk belajar bersama teman-temanya. Memang perlu trik orangtua untuk menjaga anak agar tetap bersemangat sekolah. Begini caranya:

  • Lingkungan yang kondusif

Menciptakan lingkungan rumah yang kondusif bagi anak adalah modal utama agar si kecil tetap semangat bersekolah. Ajak si kecil untuk melakukan persiapan kebutuhan sekolah. Misalnya, bantu anak mempersiapkan buku pelajaran, seragam, juga merancang menu bekal makan siang yang akan dia bawa esok hari. Dorong agar si kecil selalu menceritakan pengalamannya di sekolah pada hari itu. Antusiasme orangtua dengan cerita aktivitas anak di sekolah akan mendorong si kecil untuk terus membagi pengalaman mengasyikkan selama di sekolah, dan mendorongnya untuk terus bersemangat.

  • Beri wawasan

Sampaikan pula hal-hal positif tentang sekolah dan keuntungan bersekolah. Ingatkan selalu pada si kecil, sekolah adalah tempat mencari ilmu sekaligus ajang menambah banyak kawan. Sekolah adalah wahana belajar dan bermain bersama di mana para guru akan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru tiap harinya.

  • Jaga istirahatnya

Pastikan anak cukup beristirahat dan makan makanan yang sehat. Terkadang, aktivitas sekolah begitu menyita energi bagi si kecil. Anda harus memastikan anak bisa beristirahat sepulang dari sekolah. Jauhkan dia dari gadget. Namun, gantilah dengan membiarkannya bermain sejenak dengan mainan kesukaannya, membaca buku atau aktivitas lain yang bisa membuat si kecil merasa rileks. Makanan yang cukup dan bergizi juga menjadi mood booster yang baik bagi anak, agar tetap semangat sekolah.

  • Beri pujian

Berikan pujian bagi si kecil untuk pencapaian-pencapaiannya di sekolah. Contohnya, ketika ia bisa menghabiskan bekal makan siangnya, ia mampu menjawab pertanyaan guru, atau mendapatkan nilai yang baik pada saat evaluasi belajar. Ketika sudah ada tanda-tanda semangat si kecil mulai menurun, segera cari tahu penyebabnya. Agar Anda segera bisa mencari antisipasi mengatasinya, supaya anak nantinya tidak telanjur kehilangan semangat untuk bersekolah.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!