Pertolongan Pertama Luka Bakar pada Anak

Tak dipungkiri Ibu biasanya panik kalau ananda mengalami luka bakar. Luka bakar bisa disebabkan karena ketumpahan air panas, terkena bahan kimia, ataupun kontak langsung dengan benda panas. Luka bakar itu ada tingkatannya. Tingkat pertama bila terjadi hanya pada lapisan kulit paling luar, sehingga menyebabkan kulit kemerahan dan bengkak atau kulit menjadi kering tapi tidak lecet. Luka seperti ini dapat sembuh dalam beberapa hari hingga satu pekan.

Luka bakar tingkat kedua ketika sudah mengenai lapisan kulit di bawahnya. Luka bakar pada anak ini menyebabkan kulit melepuh. Butuh tiga pekan untuk sembuh total. Luka bakar tingkat tiga melibatkan semua lapisan dan jaringan kulit di bawahnya. Luka jenis ini membuat kulit jadi kering, memutih, atau hangus. Area kulit yang terbakar mungkin terasa sakit atau mati rasa pada awalnya karena adanya kerusakan saraf. Waktu penyembuhan memakan waktu sangat lama.

Luka bakar memang menimbulkan rasa sakit yang sangat khas, bercampur panas dan perih di kulit. Oleh karena itu dibutuhkan penanganan untuk mengurangi kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya juga untuk mengurangi suhu area yang terbakar. Bila tak diatasi dengan benar, anak bisa rewel terus dan pasti jadi tidak bisa bergerak dengan bebas. Duhhh.. kasihan betul si kecil. Penanganan luka bakar harus dilakukan dengan tepat. Jika buah hati mengalami luka bakar, ini yang harus dilakukan:

• Pahami luka bakarnya termasuk tingkat berapa. Untuk tingkat satu dan dua, sesungguhnya bisa ditangani sendiri. Kecuali bila area yang mengalami luka sangat luas. Namun untuk yang tingkat ketiga Ananda harus segera dibawa ke dokter.

• Basahi kulit yang mengalami luka bakar dengan air mengalir. Ini dilakukan untuk membantu mendinginkan kulit sekaligus membersihkan luka bakarnya.

• Kompres area kulit yang mengalami luka bakar dengan air yang tidak dingin sekali tapi juga tidak panas selama kurang lebih 3 menit.

• Oleskan obat oles khusus luka bakar yang bisa dibeli di apotek. Obat luka bisa dioleskan secara berkala hingga luka kering.

• Bila perlu berikan obat penawar rasa sakit bisa parasetamol atau yang lainnya kepada Ananda, untuk mengurangi rasa sakit dan perih akibat luka bakar.

• Tutup luka dengan perban yang kering dan bersih 24 jam agar luka tidak terkena kotoran.

• Untuk membantu masa penyembuhan, Ibu bisa menyajikan makanan tinggi protein yang berguna membangun kembali sel-sel yang rusak sehingga mempercepat kesembuhan.
Demikianlah pertolongan yang bisa diberikan kepada ananda yang mengalami luka bakar. Semoga bermanfaat.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!