Pilih-Pilih Makanan Sehat di Antara Hidangan Lebaran

Setelah berpuasa sebulan penuh, Lebaran menjadi momen yang ditunggu oleh umat Islam. Setiap orang Muslim menyambutnya dengan penuh suka cita. Tidak hanya baju lebaran, berbagai jenis hidangan berupa masakan dan juga kue-kue juga dipersiapkan untuk meramaikan suasana. Aneka macam hidangan bakal dijumpai di meja makan; gulai, sate kambing, opor ayam, ketupat, lontong dan berbagai jenis olahan masakan lainnya. Belum lagi kue-kue manis, manisan, soft drink hingga aneka rasa sirup juga terhidang. Duh, engga kebayang nikmatnya ya? Tapi tunggu dulu, bagi Anda yang sudah berkomitmen untuk hidup sehat, ada baiknya selama Lebaran tetap piilih-pilih menu yang dikonsumsi. Agar metabolisme tubuh tidak terganggu dengan asupan gula, lemak juga karbohidrat yang berlebih. Anda bisa kok, pilih-pilih menu makanan agar tetap fit selama dan pascalebaran.

Pilihlah sayur dengan kuah bening. Mungkin agak susah menemukan menu sayuran dengan kuah tanpa santan ya? Jika memang demikian, pilihlah menu sayur bersantan namun kuahnya encer.  Pilihlah menu berbahan telur atau daging ayam, ketimbang daging sapi dan kambing. Baik telur maupun daging ayam kandungan lemaknya jauh lebih kecil ketimbang daging sapi dan kambing. Apalagi jika daging-daging itu dimasak dengan kuah santan yang kental. Jika memang masih ingin mengonsumsinya, batasi jumlahnya. Terutama untuk Anda yang memang telah memiliki kencenderungan kolesterol atau asam urat tinggi.

Selalu pilih buah segar ketimbang manisan. Manisan kolang kaling, manisan pepaya lumrah disuguhkan di meja sajian saat Lebaran. Meski enak dimakan, kandungan gula dalam manisan sangat tinggi. Karena itu, sebaiknya tetaplah memilih buah-buahan segar untuk dikonsumsi. Selain kaya serat, kandungan gulanya pun jauh lebih sedikit ketimbang manisan buah. Soft drink dan sirup sebisa mungkin dihindari. Jika memang terpaksa karena tidak ada minuman lain, batasi jumlahnya. Tambahkan porsi air putih untuk mencukupi kebutuhan hidrasi tubuh Anda.

Kue-kue Lebaran kadang membuat Anda lupa diri saking nikmatnya. Jika memang tergiur untuk mencicipi, ambillah tak lebih dari dua keping. Selain kue kering, Anda masih bisa mengudap kacang-kacangan yang tersaji, biasanya ada kacang bawang atau kacang mete. Lagi-lagi, jangan kebanyakan ya? Secukupnya saja.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!