Tangan Anak Berkeringat, Tanda Sakit Jantung?

Tangan orang dewasa yang berkeringat sering dikatakan sebagai tanda-tanda seseorang mempunyai masalah dengan jantungnya. Namun bila anak-anak yang sering berkeringat pada telapak tangan dan kakinya, apakah ini juga merupakan gejala ada masalah dengan jantungnya? Jawabannya adalah: belum tentu. Bahkan kemungkinannya sangat kecil. Jadi Ibu jangan terlalu hawatir bila si kecil sering berkeringat tangannya.

Untuk Ibu ketahui, ketika anak-anak berkeringat tepat pada telapak kaki atau tangan, itu lebih disebabkan karena meningkatnya aktivitas saraf simpatis. Jadi anak-anak yang berkeringat pada telapak tangan atau kaki biasanya bukanlah merupakan tanda atau gejala penyakit jantung. Ini berbeda dengan kasus masalah jantung yang dialami orang dewasa.

Jenis penyakit jantung pada anak-anak pada umumnya adalah penyakit jantung bawaan. Adapun tanda-tanda atau gejala penyakit jantung bawaan adalah mukosa mulut atau lidah berwarna biru, kemudian sesak napas, sering menderita ISPA (infeksi saluran pernapasan atas) yang berulang, serta berat badan yang sulit naik.

Namun demikian tentu saja tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter jika anak sering berkeringat pada telapak tangan dan kakinya. Konsultasi mendalam kepada dokter spesialis anak akan sangat berguna. Dokter bisa saja merekomendasikan sejumlah tes untuk memastikan apa penyakit yang diderita anak.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!