Tepergok Anak Saat Bermesraan, Bagaimana Ya?

Kehidupan perkawinan yang sehat salah satunya ditandai dengan adanya kemesraan antara kedua pasangan. Selain sebagai sarana berkomunikasi satu sama lain, bermesraan juga merupakan sarana rekreasi, mengunduh hormon bahagia, agar pernikahan tetap hangat terjaga. Tapi ada kalanya, aktivitas suami isteri agak terganggu dengan adanya anak, apalagi jika lebih dari satu. Mengatur waktu untuk bermesraan saja butuh siasat. Lalu tiba-tiba, bisa saja suatu ketika si kecil memergoki Anda tengah bermesaraan dengan pasangan. Duh, harus bagaimana ya?

Malam hari merupakan waktu ideal bagi pasangan untuk bermesraan. Selain di waktu itu anak sudah terlelap, malam adalah waktu yang intim tanpa ada gangguan aktivitas lain. Jangan panik jika tiba-tiba si kecil terbangun sementara Anda sedang berasyik masuk dengan pasangan. Yang kali pertama perlu dilakukan adalah tetap tenang, dan segera sudahi aktivitas Anda bersama pasangan. Setelah itu, tenangkan si kecil, lalu ajak dia kembali ke kamarnya. Anda tidak perlu buru-buru memberi penjelasan saat itu juga tentang aktivitas Anda bersama pasangan.

Anda bisa memberi penjelasan kepada anak tentang apa yang dilihatnya di kemudian hari, pada saat makan bersama atau saat waktu senggang di sore hari. Orangtua jangan berpura-pura tidak tahu apa-apa atau bertindak seolah itu tidak pernah terjadi. Meskipun canggung, orang tua harus membicarakannya. Jelaskan bahwa apa yang Anda lakukan bersama pasangan adalah bentuk kasih sayang antara ayah dan ibunya. Anda juga perlu menggaris bawahi, bahwa apa yang si kecil lihat hanya boleh dilakukan oleh pasangan suami isteri, tentu dengan bahasa sesuai usia si kecil. 

Lepas dari itu, Anda pun harus mengantisipasi agar kejadian yang sama tidak terulang. Ingatkan lagi, atau ajarkan kepada anak untuk mengetuk pintu kamar orangtua sebelum masuk. Anak harus minta izin ketika hendak masuk kamar orangtua, dan bersabar jika memang orangtua sedang ada kesibukan di dalam kamar. 

Suka artikel ini? Ayo bagikan!