Tips Ajak Anak Tarawih Tanpa Rewel

Salat Tarawih merupakan salah satu amalan sunnah di Bulan Ramadan. Salat Tarawih bisa dikerjakan sendiri atau berjamaah. Di masjid-masjid, biasanya digelar Salat Tarawih bersama, dikerjakan tepat sehabis Salat Isya’. Bagi Ayah atau Ibu yang punya anak Balita, ini kesempatan untuk mengajarkan amalan Salat Tarawih. Namun masalahnya, kadang si kecil rewel di masjid. Bukannya ikut menjalankan Salat Tarawih, salah-salah malah mengganggu jamaah lain yang sedag khusyuk menjalankan ibadah.

Nah, berikut ini adalah tips mengajak anak Salat tarawih di masjid:

  • Cukup tidur

Anak yang mengantuk ataupun kurang tidur biasanya cenderung rewel. Pastikan si kecil yang diajak ke masjid untuk Salat Tarawih berjamaah cukup tidur karena sudah tidur siang. Jadi di tempat salat dia tidak rewel karena mengantuk.

  • Kenyang

Pastikan si kecil dalam kondisi kenyang sebelum berangkat ke masjid untuk ikut Salat tarawih. Jangan sampai membawa anak ke masjid dalam perut kosong. Dengan kondisi perut yang kenyang, anak akan lebih tenang. Untuk mengantisipasi, bawakan makanan kecil yang tak akan mengotori tempat salat.

  • Bawa minum

Jangan lupa bawa minuman dalam tempat yang tak mudah bocor. Anak-anak cepat haus sehingga kapanpun dia akan minta minum. Air putih adalah pilihan terbaik dan juga sehat. 

  • Pilih tempat yang ideal

Anak-anak suka rewel kalau merasa kegerahan. Jadi pilihlah tempat yang sejuk, misalnya di dekat jendela atau AC. Anak-anak tak akan rewel bila tempatnya sejuk. Pilih juga tempat di dekat akses keluar. Sehingga bila ada apa-apa yang membuat Ibu atau Ayah pulang duluan, untuk keluar lebih mudah serta tidak mengganggu jamaah salat lainnya.

  • Bawa alat beraktivitas

Bawakan anak-anak peralatan atau mainan yang akan membuatnya sibuk namun tidak berisik. Misalnya buku dan pensil warna untuk  menggambar  dan mewarnai. Jadi ketika anak capek, dia bisa berhenti salat lalu melakukan aktivitas kesukaannya. Anak bisa ditinggal menyelesaikan Salat Tarawih dengan tenang.

  • Orangtua sebagai teladan

Beri teladan yang baik selama Ayah/Ibu mengajak Salat Tarawih di masjid. Tunjukkan bahwa Anda tidak berisik dan melakukan segala sesuatu dengan tenang. Yakinkan si kecil bahwa dia juga bisa melakukan hal yang sama.

  • Jangan paksa anak

Jangan paksakan bila anak memang sudah tidak betah berada di masjid. Ketika cara apapun yang Anda lakukan tidak berhasil membuatnya tenang, jangan sungkan untuk membawa dia pulang.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!