Tips Mengatur Jam belajar Anak

Idealnya, sekolah merupakan tempat bagi anak untuk belajar dengan riang gembira. Rutinitas sekolah sebaiknya juga tetap diimbangi dengan porsi waktu bermain yang cukup. Karena bermain merupakan waktunya si kecil untuk bereksplorasi, rileks dan mengembangkan soft skill-nya. Pada anak-anak yang baru masuk sekolah, bisa jadi akan mengalami kesulitan mengatur waktu. Antara saatnya dia belajar, dengan waktunya mereka bermain. Karena itu orangtua memegang peranan kunci untuk membantu si kecil mengatur jam belajar. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur jam belajar anak.

  • Diskusi dengan si kecil

Sebelum membuat pengaturan jadwal jam belajar, Anda berdiskusi dulu dengan si kecil, soal di jam apa dia paling nyaman untuk belajar. Ada anak yang merasa senang belajar di sore hari, namun ada juga yang merasa cocok belajar di malam hari. Jika sudah terjadi kesepakatan di jam berapa anak akan belajar, buatlah jadwal tertulis yang ditempel di meja belajar atau papan jadwal di tembok. Fungsinya agar anak selalu ingat dengan komitmennya.

  • Atur durasi

Buatlah durasi waktu belajar untuk anak yang sekiranya tidak memberatkan. Untuk anak-anak yang masih beradaptasi dengan rutinitas sekolah, tak perlu kiranya Anda menerapkan waktu belajar hingga berjam-jam. Durasi waktu belajar bisa seperlunya saja, cukup untuk mengerjakan pekerjaan rumah (PR) jika ada, atau sekadar untuk mengulangi materi ajar yang diberikan di sekolah.

  • Fleksibel

Bersikaplah fleksibel. Anak-anak yang baru masuk sekolah, membutuhkan waktu tak sebentar untuk beradaptasi dengan materi ajar, rutinitas sekolah, hingga perubahan rutinitas di rumah untuk mendukung kegiatan sekolah. Karena itu, jika memang anak tampak kelelahan, atau sesekali malas belajar, izinkan si kecil untuk melewatkan jam belajarnya sekali dua. Jangan memaksa anak untuk selalu menepati waktu belajarnya yang malah justru akan membuat anak tertekan. 

  • Beri waktu bermain

Jangan lupa pula beri jadwal bermain untuk si kecil. Contoh Jika anak Anda punya kebiasaan tidur siang, berilah waktu bermain sesuai tidur siang, lalu, jadwalkan jam belajar menjelang senja. Memberinya waktu bermain akan membuat anak tetap rileks, ceria, dan gembira meski setiap hari harus bertemu dengan rutinitas sekolah.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!