Tips Menyemangati Si Kecil di Hari Pertama Sekolah

Bukan hanya untuk si kecil, hari pertama masuk sekolah tentu menjadi hari yang mendebarkan bagi orangtua. Hari pertama ke sekolah setelah libur panjang, atau hari pertama untuk yang baru berstatus siswa memang menjadi tantangan tersendiri. Bagi anak yang barusan melalui libur panjang, pasti ada rasa malas untuk kembali ke rutinitas sekolah. Sementara untuk anak yang baru terdaftar di sekolah, pasti ada rasa takut atau cemas untuk memasuki lingkungan baru. Nah, tugas orangtua untuk menyemangati si kecil di hari pertamanya bersekolah.

Biar si kecil semangat di hari pertama masuk sekolah, Anda harus melibatkan dia dalam persiapan menyambut masuk sekolah. Contohnya, dalam menyiapkan perlengkapan sekolah. Kebutuhan si kecil yang naik ke kelas baru, dengan yang baru kali pertama terdaftar di sekolah kurang lebih sama. Perlengkapan seperti seragam, tas, sepatu, alat tulis, tempat makan dan minum adalah yang paling umum. Ajak anak ikut memilih saat membeli ke toko. Biarkan si kecil memilih barang yang ia sukai sesuai bujet. Dengan begitu ia akan bersemangat masuk sekolah, karena bakal ditemani barang-barang kesukaannya. 

Untuk anak yang baru kali pertama bersekolah, biarkan ia mencoba memakai seragam sekolahnya di lingkungan rumah. Hal ini perlu dilakukan agar ia tidak merasa aneh saat hari pertama masuk sekolah. Ajak pula si kecil untuk melabeli barang-barang keperluan sekolahnya dengan identitas diri, termasuk nama dan kelas. Biasanya anak akan semangat menamai barang-barang pribadinya.

Ajak anak untuk merancang bekal ke sekolah. Saat ini lumrah di temui, sekolah yang menerapkan sistem catering yang akan menyediakan snack atau makan siang untuk jam istirahat. Namun jika di sekolah si kecil tidak ada sistem catering, Anda perlu mengajak si bocah untuk merancang menu snack atau makan siangnya. Biarkan anak memilih makanan dan minuman kesukaannya sebagai bekal, asal orangtua memberi arahan agar bekal yang dibawa tetap makanan sehat yang bergizi.

Mengantar anak di hari pertama ia masuk sekolah juga penting dilakukan. Hal itu merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Antar si kecil sampai ke tempat duduknya di kelas. Ajak pula si kecil untuk berkenalan dengan teman sekelasnya, agar ia segera belajar bersosialisasi. Yakinkan si kecil bahwa bakal banyak aktivitas seru yang menantinya selama belajar di sekolah. Selamat mencoba!

Suka artikel ini? Ayo bagikan!