Agar Anak Senang Bersekolah

Sedihnya orangtua kalau anak mogok sekolah. Sebaliknya orangtua tentu senang dan lega kalau anak senang bersekolah, menikmati proses belajar mengajar dan pengembangan dirinya. Menikmati setiap transfer ilmu pengetahuan dari para guru di pusat pendidikan bernama: sekolah. Agar anak senang bersekolah, ini lho yang harus dilakukan para orangtua:

  1. Biarkan anak memilih sekolah
    Saat anak mau masuk sekolah, ajak dia berkeliling dari sekolah satu ke sekolah lainnya. Ceritakan kelemahan dan kelebihan sekolah itu. Biarkan anak memilih sekolah yang diinginkannya. Kalau orangtua juga menyetujui, masukkan anak ke sekolah itu. Anak akan lebih bertanggung jawab karena sekolah tempat dia belajar adalah pilihannya
  2. Bekerja sama dengan guru
    Ada baiknya orangtua menjalin hubungan baik dengan jajaran guru, terutama wali kelas. Dari wali kelas orangtua bisa memantau perkembangan Ananda. Tapi harus ada Batasan juga, jangan setiap saat menanyakan perkembangan anak. Sebab tugas guru juga sudah banyak.
  3. Antar dan jemput tepat waktu
    Antar anak ke sekolah tepat waktu. Jangan sampai terlambat karena anak akan sulit menyesuaikan diri kalau datang terlambat. Saat pulang, jemput dia tepat waktu juga. Jangan biarkan dia gelisah karena teman-temannya sudah dijemput. Itu akan menjadi trauma dan bisa-bisa menyebabkan anak mogok sekolah.
  4. Jangan terlalu padat kegiatan
    Jangan membebani anak dengan banyak kegiatan. Apalagi kalau anak sudah mengikuti pembelajaran dengan sistem full day school. Maka waktu di luar sekolah adalah untuk bersantai dengan keluarga, bersosialisasi dengan sekitar dan menyalurkan hobi. Kalaupun ada kegiatan, usahakan yang mendukung hobi, minat dan bakatnya.
Suka artikel ini? Ayo bagikan!