Janethes

Dampak Buruk Anak yang Kebanyakan Les

Ketika memasuki usia sekolah dasar, kadang orangtua mulai khawatir. Apakah anak bisa mengikuti pelajaran di kelas? Apakah anak akan mampu menorehkan prestasi yang baik? Kekhawatiran yang berlebihan, kadang mendorong sejumlah orangtua untuk memberikan les bagi anaknya. Anak yang baru masuk SD langsung diikutkan les ini-itu. Anak menjadi sibuk dan kehilangan banyak waktu untuk bermain, dunia mereka seharusnya.

Untuk diketahui, anak adalah manusia biasa dan makhluk yang lemah. Mereka mempunyai keterbatasan ketahanan fisik dan juga mental. Anak di sekolah sudah menguras tenaga dan pikiran. Kadang masih ada tugas tambahan dari sekolah. Sekolah selesai masih les. Dampak buruk kebanyakan les bagi anak bisa fatal dan membutuhkan penanganan jangka panjang. Dampak-dampak buruk yang dimaksud adalah:

Alih-alih meminta anak les ini-itu dengan tujuan agar dia mampu mengikuti pelajaran di kelas, sebaiknya orangtua memberikan kesempatan yang banyak bagi anak untuk bermain seusai sekolah. Sedangkan mengenai les, sebaiknya terlebih dahulu mengajak anak bicara. Bisa diberikan les memang anak menyukainya. Lebih baik mendorong anak berkembang dengan wajar menjadi anak yang berbahagia. Kebahagiaan anak dengan sendirinya akan memunculkan motivasi dalam dirinya dan akan memacunya menuju kesuksesan hidup.

Suka artikel ini? Ayo bagikan!